Kamis, 22 November 2007

===== CATATAN PERJALANAN KE PULAU SEMPU =====


===== CATATAN PERJALANAN KE PULAU SEMPU =====
Oleh : Gatot Mulyono



Alhamdulillah kegiatan Week-end after midle test ke pulau sempu berjalan lancar dan mengesankan. Berhasil menorehkan ribuan kenangan yg tak mudah terlupa begitu saja.

Adalah sangat 'eman' jika activity tersebut tdk diabadikan. Berikut ini catatan perjalanan tsb

1. Preparation

Persiapan kita mulai jam 06.00 - 07.00 WIB (Waktu Insan Beriman) semua peserta berangkat dari rumah masing2 menuju GOR Ken Arok. Aktivitas wajib itu hanya utk teman2 yg rumahnya MalangCITY, BatuCITY, dan beberapa kawasan North. Sedangkan untuk yg rumahnya wilayah southMALANG bolehnunggu di per3an PINDAT.

Selama di GOR semua melepasTAWA diawali saling salaman (biar gak salah paham). Selalu muncul joke2 kreatif menambah suasana makin ceria-riang-gembira. Dipagi yg sangmentari bersinar cerah itu... tak ayal keberadaan kita menyita perhatian pengunjung GOR yg sedang joging ato bermain bon2 car.

2. Depart to Sempu Island

Setelah dilakukan cek peserta & dirasa tdk ada yg tertinggal, jam 7pagi tim bertolak arah selatan. Perlahan tapi pasti personel yg 20an mhs meluncur di jalanan beraspal membentuk konvoi baru. Lagi2 Batch 2 Kelas 1A beraksi. Menunjukkan eksistensi dirinya... bahwa dia memang ada.

Kira2 40an menit berikutnya tim GOR Ken Arok udah gabung dg personel lain di per3an PINDAT.

Mas Sugeng yg terkenal kelaspendiam tanpa babibu memegangERAT tangan YuSITI dan menggeretnya. Terjadi pembicaraan serius antara mereka berdua. Alhamdulillah datang KETUA menjadi wasit dan ketegangan pun berangsur cair. Semua salah paham berawal dari YM yg tdk ter-sign out.... "Ok semua salaman biar gak salah paham" Pak KETUA menimpali.Tak ayal kejadian unik bin langka tsb mengundangTAWA TAKHENTI2 seluruh personel.

Finally, kita berangkat lagi dg personel nyaris 30orang, dari Per3an PINDAT meluncur ke SendangBIRU.

Subhanalloh...!! luar biasa indahnya panorama sepanjang perjalanan. Jalanan yg berkelok-kelok, tanah perkebunan yg membentuk terassiring, hutan2 nan rimbun, jurang2 yg curam, dan perbukitan menjadi pemandangan yg mengesankan-takterlupakan. Hatihatikami bergumam dan bergetar menyaksikan keagungan SangArsitekKehidupan, Dialah ALLOH Subhanallohu ta'ala.

3. At home Sugeng Family's

Jam setengah 10 rombongan besar tsb nyampek di rumah Keluarga Sugeng.

Familier & LuarBiasa...!! Itulah kesanpertama kami mendapati sambutan dari pihak keluarga. Bapak-Ibu-Saudara2 bahkan karibkerabat ikut menyambut dan menyalami kita one by one. Belum selesai acara bersalamannya sudah susulmenyusul suguhan yg beranekamacam rupadanwarnanya datang bertubitubi membuat airliur membuncahbuncah taktertahankan. Lebih2 ketika hidangan makan pagimenjelangsiang terhidang... membuat paracacing diperut berdemo bergoyanggoyang berirama dangdungmania.

Diawali doa by Mr.Osama 'adegan' makanmemakan pun berlangsung gayeng 'n yg jelas menyehatkan&mengenyangkan... he he he.

Selesai makan dilakukan Absence, checking stuff 4 Preparation to Sempu Island.

4. Menuju Sempu Island

Jam 10.45 kita bertolak dari rumah Mas Sugeng ke pelabuhan TPI.

Sambil nunggu Perahu di pelabuhan TPI, teman2 menuju ke bukit2 dipinggir pantai utk menikmati keindahan alam di sana. Bahkan tak sedikit yg nekat turun ke pantai utk sekedar bermain karang dan air atau malah mandi. Di sela2 itu semua kamerawati EKKY gak lupa mengabadikan peristiwaperistiwa tsb menggunakan handyCAM dg kemampuan 5.0 megapixel di tangannya.

Teriakan Alhamdulillah 'n horeeee menyambut kedatangan perahu yg akan membawa kami menyeberang ke Pulau Sempu.

One by one personel di bantu naik ke perahu oleh Mas Sugeng. Kalau begini kelihatan karakter aslinya Mas Sugeng..., gak salah kalau disebut AnakNELAYAN. Betulbetul cekatan dan lihai di atas perahu.

5. SEMPU ISLAND ( SEJUTA KENANGAN )

20an menit kami diayun digoyanggoyang di atas perahu, finally mendarat juga di pantai sempu nan menawan.

1 tim menyiapkan minuman khas Ala MbakNUNUNG "Es Nata dipadu buahKEMANGI" yg menjadi andalan kali ini. Adajuga yg udah sibuk dg bolanya. Jugaada yg gaksabar tuk menceburkan dirinya di air yg semua rataasinnya itu.

Setelah semua terpuaskanhausnya oleh ESNATABUAHKEMANGI-nya MbakNUNUNG, mulailah PAKDHE beraksi. Pakdhe mengeluarkan jurusjurus mautnya utk mengerjain kitasemua menggunakan dalih outbond&gatheringnya. Kitasemua dg ikhlas&sukarela dikerjain oleh Pakdhe demi mendapatkan iming2hadiah ygdijanjikan.

Ada
- Tepuk hand&body billingual
(multibahasa: indo-inggris-java)
- Misteri 2 buah tali
- Terjemahkan ungkapan bisu
- Dll. yg hebohmenghebohkan

Lagi2 tingkah kita tsb menyita perhatian para pelancong yg lain. Bahkan ada yg berusaha mengambil gambar melalui Camera ataupun Handycam yg mereka punya. Unik dan menggemaskan... Adaadasaja Pakdhe!

Setelah puas ngerjain temanteman, Pakdhe dg mimik dibuat sewibawawibawanya memberi "Free side" kepada kitasemua.

Inilah saatsaat yg ditunggutunggu, kitasemua melepaskan kepenatan setelah seminggu mencicipi kue yg bernama midle test. Macammacam cara yg dilakukan utk mengekspresikan kegembiraan mereka. Tawadancanda muncul diselasela mereka berendam, renang di air yg gak dalam. Ada 2tim yg berlomba di VollyBeach. Dll... yg intinya mereka selalu membaursatusamalain. Dan taksatupun yg menyendiri... (karenatakutsamamitosrorokidulkaliya??hehehe)

Ech... takutkelupa.

Keceriaan 'n kegembiraan tsb semakin lengkap ketika Tim cewek ngeluarin senjata pamungkas mereka masingmasing. Mulai makan ringan hingga berat pun dikeluarkan dari tas. Ada juga snack hadiah dari PAKDHE. IkanBAKAR siap sajipun keluar ketika semua perbekalan telah menipis jadi santapan berikutnya semakin menguatkan suasana pantai.

Di pantai ini gak ada yg gak mencicipin asinnya air laut serta merasakan segar dan manisnya es bikinan MbakNUNUNG. Semua pada merasakan asin, segar, dan manis.... Jika diramu jadisatu, jadilah nano-nano, kirakira begitu juga gambaran perasaan temanteman yg tergabung dlm team ini. Benarbenar weekEND yg menyenangkan, penuhrasa penuhwarna (Hmm kapan ya adakan acara kayak gini lagi...? he he he maunya...).

Ok, semua pada senengseneng!!! Puaspuassss!!! Telertelerrr!!
Kitapun one by one naikperahu lagi tuk melanjutkan perjalanan berikutnya,
Yaitu kemana? Yaa... benar!!! Keliling PulauSEMPU.
Ucapkan sekalilagi... Keliling PulauSEMPU.
Ucapkan sekalilagi... Keliling PulauSEMPU.
Ucapkan sekalilagi... Keliling PulauSEMPU.
Yes... yes... yessss...!!! (kayak di film DORA aja, ehm.. :-) )

6. Keliling PULAUSEMPU

Jam setengahdua perahu yg kita tumpangi meluncur mengelilingi pulauSEMPU hingga setengahempat. Berarti butuh waktu 2jam penuh untuk berkelilingSEMPU menggunakan perahu semiBESAR tsb.

Bagiku, sepanjang perjalanan sangat mengesankan. Terlebih pas di atas perahu. Disitulah kita bisa merasakan betapa KemahaanSangPENCIPTA ditunjukkan. Betapa kecilnya diridiri ini. Bentangan airlaut takbertepi, gugusan pulaupulau kecil. Tebingtebing, Karangkarang laut yg diselaselanya kerap kita jumpai celahcelah mirip goa tampak dari atas perahu begitu memukai-mengharukan-membuattakjub pada setiap mata yg melihatnya. Subhanalloh... Luarbiasa ciptaanMU YAA ROBBY. Sungguh yg seperti ini tidak dengan siasia engkau ciptakan.

"Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan." (TQS. Al Israa':70)

7. Kembali ke Rumah MasSUGENG

Setelah 2jam penuh kita terapung digoyanggoyang diombangambingkan ombaklautan, finally mendarat juga Kayubesarterapung itu didermaga dekat rumah Mas Sugeng. Hanya dengan perjalanan tak lebih dari 500 m kamipun sudah bisa nyampek rumah Mas Sugeng dg selamat.

Sesampai dirumah, udah disambut dg senyum khas BapakIbuSaudaraFamili masSUGENG. Sambutan bersahabat itu melunturkan rasa lelah seharian perjalanan. Lebihlebih sambutan lanjutannya, yakni kita dipersilahkan utk bersihbersihdiri, sholatjamaah, yg ce te2p dirmh n co meluncur ke masjidterdekat.

Ke Masjid terdekat I, kondisinya mengenaskan!! Ga ada kamarmandi-kamarkecil bahkan t4 wudhu saja kosongtakberair. Pas bertanya pd penduduk sekitar, ditunjukkan sebuah tempayanplastik. Dg setengah sangsi, kami coba lihat isi tempayan, masyaAlloh, kami jumpai tempayan tsb berisi sepertiga air dlm kondisi memprihatinkan, disamping sudah berubah warna juga berbau.

Ada yg ingin nyeletuk, kami beri isyarat utk menahan mulut... "Stt.. ingat, kita disini tamu..."

Dg gontai kami lanjutkan perjalanan, mencaricari masjid II, Alhamdulillah..., Subhanalloh, Allohu Akbar!!! Luar biasa!! Dari kejauhan sayupsayup terdengar suara anakanak melantunkan kalimatkalimat toyibah. Semakin dekat terbaca jelas oleh kami terpampang tulisan Toilet, Tempat Wudhu, Kamar Mandi... kami pun berlombalomba menuju kesana. Kami dapati tempat wudhu beserta fasilitas lengkap lainnya sudah siapsedia utk kita pergunakan bersihbersih diri.

Seketika itu juga kondisi pandangan kami tetang tempat ini yg diselimuti bayangbayang negatif telah meluntur berubah jadi sebaliknya.

Alhamdulillah....,
Di wilayah SendangBIRU ini masih hidup dakwah Islam, terbukti TPA di masjid masih bejubel dg anakanak dg wajah ceria antusias belajar Al Qur'an. Masjid yg luas dg manajemen yg tertatarapi, bersih, dan satu lagi BAGUS.

Finally, tanpa mengantri panjang (karena ada tiga kamarmandi), kami pun bersihbersihdiri dg leluasa dilanjutkan sholat JAMAK-QOSHOR berjamaah.

Sholat JAMAK= Menggabungkan 2 Sholat dikerjakan dlm satu waktu karena alasan perjalanan, pada kasus kami, sholat Dhuhur kami gabung dg Ashar dan dikerjakan pada waktu Ashar disebut JAMAK TAKHIR.

QOSHOR= Membagi 2 setiap jumlah rakaat yg genap, pada kasus kami, sholat Dhuhur-Ashar yg mestinya 4 rakaat dibagi dua, dan cukup kami kerjakan 2 rakaat saja.

Bagi kami, pada situasikondisi tertentu (bersyarat), Sholat JAMAK-QOSHOR adalah bentuk Bonus atau Diskon Keringanan yg diberikan Alloh Azza Wazalla kepada hamba-NYA.

Selesai sholat, kami kembali ke rumah Mas SUGENG yg jaraknya hanya beberapa puluh meter saja dari MASJID tsb.

Sesampai di rumah MasSUGENG, ternyata sudah tersedia menu makan soremenjelangpetang lengkap dg ikanBAKAR yg dibakar oleh Bapaknya MasSUGENG.

WisataKULINER...

Pertama saya pingin mencicipin bagian kepala ikanBAKAR tsb, saya ambil 1 potong ikan, saya pisahkan dulu daging dg durinya, perlahan saya masukkan ke mulut sambil mastikan tak ada duri pada daging ikanBAKAR tsb....

ehmm maknyosss..., khas bener rasanya...
GURIH...
Harumnya khas ikan bakar...
Betul-betul sajian sempurna...
--- Cut-Cut-Cut ---

Lho kenapa?
Yang baca pada pengen ngeluarkan air liur. Pada pengen semua....!! he he he...

8. SAYONARA

Ihik ihik ihik sedih rasanya harus berpisah dg keluarga yg baikhati seperti keluarganya MASSUGENG ini.

Betapa tidak!!, sudahlah sambutannya baik, mereka begitu dg tangan terbuka menerima rombongan kami. Di tambah lagi hidangannya itu lho..., RUARR BIASA... Tentu kami semua bakal kangen "Kapan ya bisa main ke SENDANGBIRU lagi??"

Tapi apa daya, saat berpisah telah tiba...
Setelah mengemasi semua perbekalan, cek satu persatu n dirasa tdk ada yg tertinggal lagi, kami pun akhirnya PAMIT tuk undurdiri.

Satu per satu kami saling bersalaman, perasaan sedih bercampur haru menggelayut di selasela salaman kami dengan BapakIbuSaudaraKaribKerabat masSUGENG.
"Jangan kapok ya main kesini lagi, minta maaf jika ada sambutan yg kurang berkenan" Ujar BapakIbunya MasSUGENG bersahutan.
"Begitu juga saya, atas nama pribadi dan rombongan, mohon maaafff yg sebesarnya atas tingkah kami selama disini. Terimakasih buaanyaakkkk sekali atas sambutan dan hidangannya, temanteman pada seneng" Saya menimpali dg nada dibuat sesopansopannya.

Akhirnya, satu per satu rombongan beranjak meninggalkan kediaman MasSUGENG sekeluarga. Sebelum benarbenar pulang, temanteman pada mampir ke TPI membeli ikan utk oleholeh buat di rumah. Seingat saya adalah sunnah ketika pulang dari bepergian jauh, membeli oleholeh untuk orangorang tercinta dirumah.

Karena ingat pesen NABI Saw tsb, saya pun tak ketinggalan ikut juga nimbrung bersama temanteman berlomba utk mendapatkan oleholeh ikan yg murah tiada duanya. Betapa tidak, cumi yg dipasaran berkiras 25 hingga 30rebu di sini kami hanya cukup mengeluarkan uang 8rebu saja untuk perkilonya. Ikan tuna yg bisa mencapai harga 40 hingga 45ribu di sini cukup 10ribu saja. Begitu juga dg ikanikan yg lain.

Setelah puas berbelanja utk oleholeh, kami pun secara berkelompok meluncur pulang. Walau sudah petang menjelang maghrib memulai perjalanan pulang, di perjalanan kami semua tidak menemui kendala yg berarti... hingga parapersonel nyampek kerumah masingmasing sekitar jam delapan malam.

-Finish-The End-Kholas-Abis-Tamat-Telas-Hao Le-









Thank's dedicate to:

1. Biro perjalanan (maksudnya para pemilik motor)
2. Mr. Andrew sie acara dg ideide cemerlangnya
sehingga acara jadi terasa hidup
3. Mr. Sugeng beserta BapakIbuSaudaraKaribKerabat
yg sedari awal telah mengundang kami,
mempersiapkan segala sesuatunya, hingga mau direpoti
kedatangan manusiamanusia aneh dari Kelas 1A
4. MbakNUNUNG dg ESNATABUAHKEMANGI-nya
5. Ms Ekky dg HandyCam di tangannya dg sukarela mengabadikan
setiap aktifitas kita, KAPAN SELESAI EDITINGNYA??? he he he
6. Seluruh tementeman geng Batch2A, dg jerihpayahnya
akhirnya acara ini dpt berjalan dg sukses-selamat-barokah
7. Semua pihak yg tak mungkin kami sebutkan one by one, terima kasih


THANK'S TO ALL - THANK'S FOR ALL
Thx2'l - thx4'l


Terima Kasih, Matur Nuwun, Harigato, Gracias, Xie Xie, Hatur Nuhun...




Alhamdulillah,
Akhirnya selesai sudah,
Sambil dengerin Ma'tsurot+Suratsuratpendek

Kanpri, 20 Nop' 2007 ; jam 6 pagi

Tidak ada komentar: